Review ROG Zephyrus S GX531: Gaming Laptop Tipis Dengan Peforma Memuaskan!

Hai MOGers,

Berencana untuk membeli gaming laptop di tahun 2019 ini? Nah, kali ini INDOMOG berkesempatan untuk mereview produk laptop gaming dari ASUS yakni ROG Zephyrus S GX531. Review kali ini mungkin bisa menjadi salah satu guide kamu dalam membeli laptop gaming ROG Zephyrus S GX531 dari desain, spesifikasi, peforma dan harga tentunya. Yuk simak review selengkapnya.

Desain

Desain ROG Zephyrus S GX531 (Foto: Fajar/INDOMOG)

Kami sangat suka dengan desain ROG Zephyrus S GX531 ini. Desainnya mewah dan gaming banget. Tidak hanya itu laptop ini juga sangat tipis hanya 1,495 cm saja. Angka tersebut bahkan membuat ROG Zephyrus S GX531 memecahkan rekor sebagai laptop gaming paling tipis di dunia loh MOGers. Untuk bobotnya sendiri hanya 2.1 kg. Jadinya, laptop ini asyik banget untuk dibawa kemana-mana. Meski tipis, namun build qualitynya cukup oke kok karena laptop ini punya bodi berbahan alumunium.

Saat laptop ini dibuka untuk digunakan, bodi pada bagian belakang ROG Zephyrus S GX531 bisa terbuka loh MOGers! Ternyata, itu adalah fitur dari ROG Zephyrus S GX531 yang mampu membuat laptop ini memiliki lubang angin intake yang lebih besar. Mengingat laptop ini berukuran kecil, teknologi ini tentu saja sangat berguna untuk menghilangkan panas berlebih pada laptop agar tidak terjadi throttling (lag karena panas berlebihan). Oh ya, lubang intake pada bagian belakang laptop ini juga dilengkapi dengan lampu LED loh.

Desain Airflow ROG Zephyrus S GX531 (Foto: Fajar/INDOMOG)

Tidak hanya disitu saja, penempatan keyboard pada laptop ROG Zephyrus S GX531 sangat unik dan antimainstream. Dimana posisi keyboard ditarik ke bawah dan disandingkan langsung dengan touchpad yang letaknya ada disebelah kanan. Touchpadnya juga keren loh MOGers. Bisa diganti menjadi numeric pad. Desain penempatan keyboard ini memang agak aneh. Bagi kamu yang kurang terbiasa, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Bagi para RGB Club, ROG Zephyrus S GX531 sudah dilengkapi dengan lampi RGB pada bagian keyboardnya. Lampu RGB tersebut bisa di kostumisasi dengan Aura Sync melalui software eksklusif bernama Armoury Crate. Ada beberapa mode RGB yang bisa kamu pilih seperti Static, Breathing, Strobing, Color Cycle, Rainbow, Music, dan Smart.

Numeric pada Touch Pad ROG Zephyrus S GX531 (Foto: Fajar/INDOMOG)

Dibagian atas keyboard terdapat logo ROG yang sayangnya tidak diberi lampu RGB. Dibagian kanan dan kiri logo tersebut terdapat dua buah fan untuk mendinginkan CPU dan GPU ROG Zephyrus S GX531. Sedangkan dibagian kanan atas, terdapat tombol power yang terpisah dengan keyboard. Desain penempatan keyboard ini mungkin jadi salah satu faktor yang membuat ROG Zephyrus S GX531 memiliki body yang sangat tipis dibanding laptop gaming lainnya di pasaran.

Layar dari laptop ROG Zephyrus S GX531 juga mantap loh MOGers. Layar resolusi IPS Full HD berukuran 15.6 inch ini sudah memiliki refresh rate sebesar 144hz dan juga response time yang sangat kecil yakni 3ms saja. Tidak sampai disitu, layar ROG Zephyrus S GX531 juga sudah 100% sRGB loh. Selain itu, laptop ini juga memiliki bezel layar yang cukup tipis.

Desain Keyboard ROG Zephyrus S GX531 (Foto: Fajar/INDOMOG)

Meski desainnya tipis, ROG Zephyrus S GX531 memiliki port konektivitas yang cukup lengkap. Antara lain 2x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.1 Gen2 Type-C with DisplayPort 1.2 dan Power Delivery, 1x USB3.1 Gen2 Type-A, 1x USB3.1 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 2.0, 1x 3.5mm headphone and microphone combo jack, dan 1x Kensington lock.

Spesifikasi

ROG Zephyrus S GX531 Dilengkapi Prosesor Intel dan VGA dari NVIDIA (Foto: Fajar/INDOMOG)

Untuk melibas game berkualitas AAA saat ini, tentu saja ROG Zephyrus S GX531 sudah dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang gahar di kelasnya. Berikut ini spesifikasi lengkap dari ROG Zephyrus S GX531.

  • Prosesor: Intel Core i7-8750H
  • Kartu Grafis: GTX 1060 GDDR5 6 GB
  • Memory: DDR4 Dual Channels 16 GB
  • Hard Drive: SSD M.2 NVMe PCIE 3.0 512GB
  • Audio: 2x 2W speakers with Smart AMP technology dan Array Microphone
  • Power: 230W Power Adaptor dan Support Type-c PD 3.0 up to 65W
  • Dimensi: 360 (W) x 268 (D) x 15.35~16.15 (H) mm
  • Berat: 2.1 KG

Dari spesifikasi tersebut, sayangnya ROG Zephyrus S GX531 yang kami review memiliki ruang 512GB. Namun untuk varian lainnya ada kok yang mencapai 1TB. Meski kapasitas hardisk kecil, namun sudah berjenis M.2 NVMe PCIE 3.0 yang artinya media penyimpanan di ROG Zephyrus S GX531 memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Peforma dan user experience

Berkat desainnya yang tipis dan bobotnya yang ringan membuat ROG Zephyrus S GX531 memiliki portabilitas sangat bagus dan melalui produk ini ASUS berhasil mematahkan asumsi jika gaming laptop tidak harus tebal dan memiliki bobot yang berat. Digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dan produktifitas pun masih oke. Namun kami masih agak susah dan harus menyesuaikan diri lebih lama dengan laptop ini ketika digunakan untuk mengetik.

Untuk urusan gaming, tentu saja tidak ada masalah. Spesifikasi hardware yang ditanam pada ROG Zephyrus S GX531 tentu saja cukup untuk melibas game-game populer saat ini seperti Dota 2, Counter Strike Global Offensive, Monster Hunter World, The Division, dan game-game lainnya. Sistem coolingnya pun sangat baik meski menghasilkan suara yang cukup besar ketika laptop dalam keadaan full load. Namun hal tersebut tidaklah masalah karena kami tidak menemukan throttling (game lag ketika laptop panas) saat menikmati beragam game berkualitas AAA di laptop ini,

Kesimpulan

Laptop gaming ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki portabilitas tinggi. ROG Zephyrus S GX531  mampu memberikan peforma terbaiknya baik soal gaming, editing, dan berbagai kegiatan produktifitas lainnya. Posisi keyboard yang menurut kami agak aneh masih bisa di toleransi berkat desain compact yang dimiliki oleh laptop ini serta airflow yang baik demi menghindari throttling  maupun menjaga hardware agar tidak rusak. ROG Zephyrus S GX531 sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp.  35.999.000.